Minggu, 12 Maret 2017

Cara Merawat Soa layar atau saigon

Cara memelihara dan merawat soa layar bagi pemula

Cara memelihara dan merawat soa layar bagi pemula - Pencarian cara merawat dan melatih dengan kata kunci " Cara memelihara dan merawat soa layar bagi pemula " di temukan di dunia-hewan.net. Untuk mencari informasi atau artikel hewan yang sesuai dengan reptil, makanan, sugar glider, iguana, gambar, petshop, satwa, obat, komunitas, keunikan, sifat, breeding, anak anjing, anak kucing, burung, hamster anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs dunia-hewan.net berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia hewan, khususnya anjing dan kucing. Situs dunia-hewan.net memiliki ratusan artikel merawat anjing dan kucing misal " Cara memelihara dan merawat soa layar bagi pemula " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi merawat anjing dan kucing.

Baca : Cara memelihara dan merawat soa layar bagi pemula

Gambar soa layar

Tips lengkap merawat soa layar – Belakangan ini soa soa layar menjadi populer di kalangan para pecinta reptil. Jenis hewan satu ini mempunyai fisik seperti kadal pada umumnya. Soa soa layar dalam bahasa latin mempunyai nama Hydrosaurus amboinensis merupakan kadal semi akuatik terbesar dalam familia Agamidae. Sepintas, bentuk tubuhnya lebih menyerupai miniatur dinosaurus atau naga daripada kadal sehingga dalam bahasa Inggris disebut sail-fin dragon atau sail-fin lizard.

Soa-soa layar dapat tumbuh hingga mencapai ukuran lebih dari 1 meter. Tubuh dilengkapi dengan kaki yang kuat dan ekor yang panjang. Berbeda dengan tokek dan cicak, Soa-soa tidak dapat memutuskan ekornya untuk mengelabui pemangsa. Sebagai gantinya, Soa-soa akan mengembangkan gelambir kulit di lehernya, agar terlihat lebih besar, untuk menakuti pemangsa atau hewan kompetitor lainnya.

Ciri-ciri soa soa layar

Sepanjang punggungnya ditumbuhi duri-duri kecil. Pada hewan jantan, bagian pangkal ekor dilengkapi dengan layar tinggi yang bentuknya mirip layar perahu tradisional Hongkong. Layar ini digunakan untuk memikat betina saat musim kawin tiba.

Reptil yang berkerabat dekat dengan Iguana ini umumnya hidup di daerah yang dekat dengan air, seperti tepian dan muara sungai, hutan mangrove dan tepi pantai. Makanan utamanya sangat bervariasi, terdiri dari daun-daunan, buah-buahan liar, serangga, telur dan anak burung hingga mamalia kecil.

Jenis-jenis soa soa layar

Soa layar ambon

Soa-soa Ambon memiliki ukuran tubuh paling besar dan daerah sebaran yang paling luas, meliputi Pulau Sulawesi, Maluku hingga Papua Niugini.

Soa layar filipina

Soa-soa Filipina memiliki sebaran terbatas di bagian utara negara tersebut. Soa-soa ini berukuran besar dan termasuk jenis kadal yang sangat indah karena memiliki warna kebiru-biruan pada permukan kulitnya.

Soa layar halmahera

Soa-soa Halmahera tergolong jenis endemik yang memiliki sebaran terbatas di Pulau Ternate dan Halmahera. Soa-soa ini memiliki ukuran tubuh paling kecil dan lebih ramping dibandingkan 2 spesies Soa-soa lainnya.

Ukuran kandang soa layar

Satu Soa layar muda dapat di pelihara pada terrarium dengan volume 35 sampai 50 galon. Dilengkapai dengan ventilasi untuk pertukaran udara. Kadal jenis ini lebih baik dipelihara secara soliter, akan tetapi dapat pula dipelihara dalam jumlah banyak. Suhu siang hari yang idela  dengan kisaran antara 24 – 29 °C, sebagai tambahan suhu untuk berjemur sekitar 32 – 35 °C. pada malam hari suhu yang ideal bagi Soa layar antara 18 – 24 °C. kelambapan yang dibutuhkan sampai dengan 70 %. Soa layar juga membutuhkan sinar ultraviolet untuk menjaga kesehatannya selama 12 jam perhari.

Makanan soa soa layar

Soa Layar merupakan binatang omnivore. Makanan mereka meliputi serangga, sayuran dan buah-buahan. Cacing, belalang, laba-laba, tikus, pinkies, ikan dan udang merupakan makanan yang tidak lazim dikonsumsi soa layar dan dapat berakibat buruk. Pastikan ketika memberi makan larva atau serangga muda dan tikus tidak berlebihan atau dibatasi, sebeba makanan tersebut dapat menimbulkan lemak berlebih dan kadal akan terlihat gendut dibandingkan dengan bentuk ideal kemudian berakhir dengan penyakit hati. Beberapa makanan berprotein tinggi lain yang dianjurkan yaitu makanan anjjing kering, tahu, dan telur rebus.

9 komentar:

  1. untuk harga soa layar kisaran berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kualitas gan,klo baby kisaran 200-250. Klo juvenile 350 up. Klo dewasa 1jt an lah

      Hapus
  2. kalau soa layar ga mau makan gimana apa kah ada obat nya ?

    BalasHapus
  3. Ada yg jual soa layar ga disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya soa sewasa jantan tawar brapa bos

      Hapus
  4. Kalau anakan seukuran ibu jari.apa bagus makananx.

    BalasHapus
  5. Saya punya soa umur krg lebih 8 bl. Skrg makannya susah gimana ys

    BalasHapus
  6. Soa layar saya sampai skrg msh melitik dn susah d pegang caranya supaya jadi friendly gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering dihandling jg elus2 kepalanya atau bawah dekat lehernya om

      Hapus